Selasa, 03 Februari 2009

Drainase Buruk Menjadi Penyebab Banjir

19.01.09 17:52
Liputan6.com, Bekasi: Banjir setinggi 30 sentimeter melanda sebagian daerah Kecamatan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Senin (19/1). Kawasan yang terendam antara lain Perumahan Harapan Indah dan Perumahan Pejuang Pratama. Selain akibat diguyur hujan lebat sejak Ahad, banjir akibat buruknya saluran air.

Penyempitan dan pendangkalan kali seperti Kali Bancong dan Kali Sasak Gani juga ikut memperburuk banjir. Meski rumah-rumah tergenang banjir, warga belum mengungsi. Namun beberapa sekolah terpaksa diliburkan karena gedung sekolah tergenang sehingga tidak mungkin dipakai untuk kegiatan belajar mengajar.

Bah juga merendam sebagian wilayah Kota Cilegon, Banten. Sebagian jalan juga tergenang sehingga arus lalu lintas terhambat. Penyebab banjir adalah sistem drainase yang tak berfungsi baik. Sudah lama warga meminta Pemkot Cilegon memperbaiki saluran air namun hingga sekarang belum juga ditanggapi.

Sementara itu korban banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum di Karawang, Jabar masih mengungsi di tenda-tenda darurat di tepi jalan. Sebagian pengungsi mulai terserang berbagai penyakit seperti demam dan gatal-gatal. Warga mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih.

Sementara banjir disertai tanah longsor di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menyebabkan ribuan warga kesulitan mendapatkan barang kebutuhan pokok. Bencana yang terjadi sejak 10 hari lalu itu memutuskan jalur transportasi antardesa dan kecamatan. Untuk menyalurkan bantuan, terutama bahan pangan, pemerintah menempuh jalur udara dengan menggunakan helikopter.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar